Friday, June 20, 2008

'Door Duisternis tot Licht'

Freitag,20.Juni 2008

'Door Duisternis tot Licht'...no,itu bukan bahasa Jerman. dan JELAS bukan bahasa indo. It's definitely NOT English...D:
n bukan,ini BUKAN bahasa planet lain kayak yg dipake di film2 Star Wars ato semacamnya!

well...itu bahasa Belanda. translated to one of the most favourite qoute in Indonesia : 'Habis Gelap Terbitlah Terang' - R.A.Kartini.

no,gw bukan lagi ngefans berat sama sang pahlawan emansipasi wanita Indonesia itu sampe bela2in ngepost 'tribute to RA Kartini' di blog gw D: well,emansipasi IS cool - tapi ga usa sampe seekstrim itu athu.

alasan gw masang quote itu sbg judul post kali ini adalah,semata2 karena gw ngerasa perjalanan gw mengadu nasib di Jerman ini (alah,kok kesannya nampak spt TKI gtu yah? D:) , apa yang gw tempuh demi bisa bela2in kuliah di Jerman , smwanya bagaikan 'Habis Gelap Terbitlah Terang' XD

smwa berawal pas gw brangkat ke Jerman...tepat tgl 5 September 2007 gw menapakkan kaki utk pertama kalinya di Jerman - TANPA bisa ngmg bhs jerman sama skali D:
lalu gw blajar bahasa Jerman di skolah bahasa gtu di VHS Aachen...dari September 2007 sampe awal Juni ini. dari ga bisa ngmg bhs Jerman sama skali...sampe skrg,satu level lagi gw uda bisa dibilang sama dgn native Jerman asli.
yes,gw bahkan uda rada2 muak blajar bhs jerman...kelamaan athu,gw sampe uda bosen blajarnya D:

well..mnrt gw seh bgini : dalam proses mempelajari suatu bahasa asing,kalo gw uda bisa berkomunikasi dgn baik dgn native bahasa itu dan sudah bisa ntn TV ato media lain dalam bhs asing itu tanpa kesulitan apapun, maka 'bahasa asing' itu sudah tidak asing lagi. alah,sungguh kalimat yang sangat kompleks XD

and maybe that's what happened to ME. gw uda blajar bhs jerman hampir setahun,uda bisa ngmg lancar dll...jadinya buat gw skrg bhs Jerman itu sama aja dgn skill bhs Inggris gw - almost mothertongue. hey,bhs Jerman gw skrg even better than my English!XD
...mungkin krn itu jadinya Deutsch uda ga menarik bwat gw,n gw sekarang berencana mo blajar bhs asing laennya : Chinese or France. hell ya! XD

anyway,back to topic. sampai juni 2008 awal ini gw masi blum dapat college,n kondisi ini bikin gw STRESS. bukan cm gw, nyokap gw pun stress BERAT!DX saat2 waktu itu bisa dibilang masa2 tergelap slama masa2 tinggal gw di Jerman D:
...bahkan gw pernah consider mo balik aja ke Indo,n kuliah di Atma Jaya ato smacamnya.wew.and nyokap gw pun uda hampir patah semangat, uda MEMOHON gw supaya gw balik indo ajah DX apalagi, visa gw di Jerman ini habis tgl 30 Juni - n kalo gw ga dpt college ato smcmnya,maka gw ga bisa perpanjang visa gw n tentunya, HARUS balik Indo D:

oh yes, those were some of the darkest days of my life.

well,tp apakah gw menyerah gtu aja?! NO. i FIGHT, and gw tetep berpikir positif bahwa gw pasti bisa dapat tempat di Jerman sini. but hey,bahkan jika emang ujung2nya gw ga bisa kuliah di Jerman - at least gw uda bisa bhs Jerman and that's a PLUS Point for me!XD
like i said,i always think positively, and hoping that something good bakalan terjadi.

...dan dalam jangka waktu 1 minggu ini,it all happens. gw dapet undangan ujian masuk college jerman sampe 3 BIJI! XD which is di Berlin, Halle-Wittenberg and Dresden :D jadi bingung mo pilih college di kota mana neh...he3. Sekarang seh gw sedang menunggu saat2 test di Berlin tgl 30 Juni, wish me luck yo!XD

anyway,see that? 'Habis Gelap Terbitlah Terang'...that applies to me too! :D

well...here i come Berlin!XD *akan menjajah Berlin tgl 27 Juni sampe 1 Juli nanti*

update 1.0 : hari ni (30 Juni 2008) gw test masuk college Berlin. n soalnya sih gw bisa2 aja...tapi masalahnya,nampaknya org2 lain yg test itu jg bisa D: n tempat di collegenya itu terbatas : 15-20 orang...jadinya harus saingan nilai d DX
anyway...wish me luck yo! hasil testnya kluar minggu depan tgl 8 Juli,satu hari setelah ultah jeng rose XD

10 comments:

Anonymous said...

at least kaw belajar bahasa Jerman kan..I think that's a very good skill and experience lokh..

entah nanti apakah kaw dapat atau tidak univnya, tapi toh experience is the best teacher.

saya juga setuju kalau sepertinya anda sudah mulai menemukan si 'terang', tapi sekali lagi jangan lupa ses, habis gelap terbitlah terang kemmudian gelap lagi terang lagi dst. Kayak siang dan malam ses, anda harus siap dengan segala kemungkinan..hehe

Aldo aka der Hund said...

anda tumben komennya melankolis dan filosofis sekali...XD

anyway,setuju2..experience is the best teacher - gw blajar utk slalu berpikir positif jadinya setelah melewati masa2 gelap di Jerman inih XD ...masa2 gelap,LITERALLY.soalnya pas winter emang di Jerman lebih cepet gelap n malamnya lebih lama - biasanya jem 4an uda gelap :D

Linda said...

wah bagus tuh... always think positive.. cia yo terus yah maddy... kita semua dukung u. G dsini g dah dapet apa yg g mau.

bwt foto na dapet dr mana tuh? foto sdiri yah?? qren

/(^^)/cia yoo\(^^)\

Ps: balesan pertanyaan yg wtk itu, ijah eqe tak naik...

Aldo aka der Hund said...

ha3...thx y linda ^^ anyway,lu jg jangan nyerah...always think positive n believe in it,n pasti ntar something good will happen to you. hey,it already happened to me!so harusnya jg bisa berlaku ke lu jg kan...XD

alah,n fotonya sayang gw harus mengecewakan anda...itu foto mah gw colong dr google XD gw ga sejago itu athu foto2nya,masih amatir gtu gw D:

tp ntar di post2 slanjutnya gw bakal pasang foto2 original jepretan gw d ^^

n di post2 sblmnya ada juga foto2 hasil jepretan gw yg gw edit trus gw pasang di blog :D

Bomon said...

ganbatte doggiee.. XDXD hore, akhirnya dptt.. Skrg blajar yg benerrr, jgn cmn Jerman doank :D

coba loe ajak2 saia k jerman, saia ajarkan *akah, kyk loe pinter aje mon* wkwkwkwk...

eniwei, kalo udh dpt pun, jgn lupa pulang2 ke sini :( seenggaknya kalo jalan2 minimal ber3, gak BERDUA sama ben doank.. XP

eh.. Linda.. kun_kun bkn? o.o

Aldo aka der Hund said...

iyah seh,kalo uda masuk college maka gw harus mulai blajar gila2an neh DX
...makanya,sblm masuk college saya bertitah!bahwa saya AKAN dan HARUS ke Paris!XD ato minimal AMSTERDAM!XD

anyway,kalo gw uda dpt colege seh...gw ga yakin yah bisa pulangnya kapan,soalnya kan college uda super sibuk ntar D: n libur college jg kan ga lama2 banget...paling 2-3minggu doank.

alah,manknya napa mon kalo cm jalan BERDUA sama ben?XD kan ben skrg jalan2nya berdua sama angel...ha3 :D

btw,iya linda thu kun2 ^^

Ten Ryu said...

hohoho... ganbate inu-san! hohoho... habis gelap terbitlah terang bukan hanya berlaku untuk kaum wanita atopun dikau saza... tapi seluruh bangsa indonesia yang lagi dilanda krisis persatuan. This is dark age sodara-sodara! >_<

Aldo aka der Hund said...

well stuju d sama ten-ryu...indonesia skrg lg dalam dark-age,n butuh seseorang yang revolusioner dan open-minded utk merubah smwanya itu n supaya indonesia bisa keluar dr dark age ini...

kyk RA KArtini - dy kan revolusioner,melawan paradigma 'wanita harus tinggal di rumah n ngurus anak,kluarga dll'n hasilnya?!
...habis gelap terbitlah terang,emansipasi wanita di Indonesia - which is something REALLY revolutionary.

Anonymous said...

kalau anda ke Paris dan Belanda, anda wajib memetik tulip untuk saya! akah

kaw sudah belajar bukan bhs Jerman doang? akhirnya ses..hehe..semoga sajah itu pertanda yg semakin baik!

ganbate^^

Aldo aka der Hund said...

alah,lu mintanya uda telat JOHAN...kalo mo minta petik tulip mah dari kapan2 athu pas gw ke Blanda bwat liat2 tulip di Keukenhof XD

...lagian tulip ga bisa tumbuh di indo D:

and ngmg2,MANA ADA SEH TULIP DI PARIS?!wtf.

iyah gw uda coba2 menjamah2 (alah,terdengar kotor)bahasa Prancis untuk pemula...tapi bahasa Prancis levelnya di atas bhs jerman!DX