Thursday, June 5, 2008

9 Monate lang in Deutschland...

Donnerstag,5.Juni 2008

wew. ga kerasa gw uda 9 bulan ninggalin Indonesia n stay di Jerman. 9 bulan. waktu yang ga bisa dibilang pendek. dalam waktu 9 bulan itu seorang ibu sudah bisa melahirkan anaknya ke dunia (doh,so cliche...tp emang cuma ini doank seh perumpamaan yang paling pasaran kalo menyangkut waktu '9 bulan'..D:) ... well, but that's not the thing.

so...9 months in Germany!XD 9 bulan lalu , tepat tanggal 5 September 2007 , gw menjejakkan kaki gw pertama kali di Airport Düsseldorf. and until now, i'm still in Germany! sampe visa gw habis
apa aja yang uda gw dapetin slama masa 9 bulan di Jerman ini?
...anak A LOT.

gw dapet banyak pengalaman hidup yang , kalo gw setaon lalu mutusin bakal stay n kuliah di indo, ga bakalan bisa gw alamin ato lakuin di Indo.

gw juga dapet banyak kenalan dari luar negeri , dari negara2 yang bahkan beberapa namanya baru pertama kali gw denger seperti Mozambique,Cote d'Ivoir (itu nama kerennya dlm bahasa Prancis, kalo nama Indonya mah kesannya keras : Pantai GADING),Addis Ababa ato smacemny - yup,negara2 Afrika seh kebanyakan...nama2nya eksotis XD
n of course juga temen2 bule laen dari negara2 eksotis spt Brazil, Ekuador, Mexico, New Zealand dll..:D oh, n some friends from China , Malaysia and Thailand too...

gw juga uda ngunjungin tempat2 yang bahkan gw ga pernah bayangkan bisa datengin , misalnya...Airport Dubai - yang isinya terkenal (n BENER2) super keren kayak mall , tepatnya seh kayak MKG XD kota Prague di Ceko, yang kalo dari tour2 Indonesia gtu GA BAKAL pernah muncul di tujuan wisata Eropa , meskipun aslinya pas gw ke sana kota Prag ini bener2 keren!XD
juga Belanda, Köln, Düsseldorf, Berlin, München n kota2 laenny di Jerman dan skitarnya :D

anyway..9 bulan lalu , ketika gw pertama kalinya menjejakkan kaki gw di tanah Jerman, gw bener2 ga tau sama skali pengalaman baru apa yang bisa gw dapet di sini. 9 months ago, i don't even speak good Germany. bahkan gw ga tau bedanya 'Ziehen' (Tarik) n 'Drähen' (Dorong).
but now...at least gw uda bisa berkomunikasi dgn lancar dalam bahasa Jerman :D

another thing yg 9 bulan lalu gw ga bisa n skrg bisa - n this IS one big achievement for me - masak. yup,anda2 ga salah baca - MASAK XD n no,bukan cuma masak aer + mie instant!D:< pas awal2 masa tinggal gw di jerman emang seh gw cm bisa 'masak' makanan mikrowave n makanan2 instant smacamnya...tp skarang at least gw uda bisa masak lha,dikit2 XD soalny gw hampir tiap hari bantuin roommate gw masak seh,alah - apakah gw skrg lulus jadi calon househusband yg baik dan benar?XD

moreover,gw blajar 1 hal lain : You Can't Get Everything In THis Life, and You Should Be Thankful For What You've Got Now.
yes,quote ini bener banget...n gw baru bisa nyadarin bener2 arti quote ini sejak gw tinggal di Jerman - di mana sgala sesuatu serba kekurangan, sedih d hidup ala pelajar ... D:
berbeda 180 derajat dr hidup gw di Indo yg boleh dikata cukup privileged, di Jerman gw harus naek bus ke mana2 tiap hari (bandingkan kalo di indo gw tiap hari naek mobil ndiri...) - ga bisa blanja2 buku dll sebanyak spt di indo n kalo mau apa2 harus smwanya gw bikin ndiri - gada yg namanya Mbak Sitti di sini!DX

so...i am now really,REALLY thankful for what i've got back there in Indonesia.

hm...kalo gw mau crita,apa aja yg uda gw plajari dan alami slama hampir 1 tahun di Jerman...mungkin dalam 1 postingan bisa super panjang jadiny D:

anyway...intinya : 9 Months in Germany,gw (agak sedikit tapi ga terlalu banyak) tambah dewasa n mandiri , yiha!XD

(oh,n tentu saja satu keuntungan lainny : gw bisa ntn GERMANY'S Next Top Model XD
...and Piala Eropa juga :D)

8 comments:

Anonymous said...

ciee, fotonya...melankolis sekalie! sudah! anda sudah saatnya kembali ke negeri asalmu XD

Aldo aka der Hund said...

heh BUNG Johan - itu foto mah bukan melankolis athu...itu SENI sodara!XD
(alah,padahal cm asal foto sendiri n edit jadi b/w pake photoshop doank :D)

saya...masi bingung mao balik ato ga *takut digosipin tante2 temen nyokap*

Seyren said...

Akah, Pey! Tentukan keputusanmu! Yang subjek itu sebenernya pohon apa bangunan?? Akiad.

Pey, satu hal yang gw pelajari dari 18 (going 19) idup gw, kalo lo terus-terusan mikirin apa kata orang, you can't never be happy. Being a subject for gossipers to talk about is never fun, but that aside, lo sebenernya pengen balik ke Indo apa kaga? Kalo lo emang pengen balik, do it. Tapi kalo lo tetep tinggal di situ, do it because you want to, not because of fear.

Ya katakanlah KALO emang bener mereka gosipin lo, so what? They can talk, tapi mereka ga akan pernah dapet pengalaman-pengalaman kaya yang udah lo sebutin di post lo ini, mereka ga akan pernah dapet pelajaran-pelajaran berharga kaya yang dah lo dapetin, dan yang pasti, mereka ga akan pernah dapet back-up dari para Lady. (ALAH) And hey, lo ga pulang tanpa hasil kok.. Pengalaman lo belajar di Jerman plus sertifikat bahasa lo kan bakal jadi aset berharga buat CV lo ntar.

Let them talk, Pey. When they care enough to bother with what you do, you're already better than them.

Aldo aka der Hund said...

let me make one thing clear : i'm going to fight, sampe titik darah penghabisan - di Jerman - selama masi ada kemungkinan bahwa gw bisa college/kuliah di Jerman. n kesempatan ini sampe skrg masi blom tertutup total,krn statusnya masi ga jelas apakah gw bisa dpt college di Jerman ato ga.

i'm not going to make my parents disappointed just like that without any fight at all!

dan katakanlah kalo sudah bnr2 gada kemungkinan bahwa gw bisa kuliah ato college di Jerman,maka itulah saatnya gw balik ke Jakarta. GRACEFULLY AND WITH PRIDE : Pride that I FIGHT.sampe titik darah penghabisan.

saya BUKAN orang yg menyerah gtu aja tanpa berjuang terlebih dahulu.

alah,jadi kayak pidato Presiden aja neh XD

on the other side...gw bnr2 pengen balik ke indo neh,akiad DX

Aldo aka der Hund said...

oh,n btw...gw bukan anak design ato fotografi athu,cuma seorang fotografer amatir yg cuma bisa edit fotonya jadi black n white pake adobe photoshop.

jadinya bwat gw mah idem aja,suka2 menurut perspektif masing2 obyek fotonya itu pohon ato bangunannya XD

Anonymous said...

sez, sudah saatnya anda kembali ke hometown kaw...ada Indonesia open sez XD

AKAH

Aldo aka der Hund said...

ALAH.Indonesian Open sama Piala Eropa,pilih mana coba?!XD
.
.
.
saya pilih Piala Eropa ajah d XD
*dasar pengkhianat*

Aldo aka der Hund said...

n ngmg2 gw masi ga tau...Indonesian Open itu kejuaraan apa seh?D:
bulutangkis?!