Monday, February 11, 2008

Chinese New Year 2008 - part 1

as u all know,tiap tahun slalu ada 1 hari yg ditunggu2 sama orang2 kturunan Cina di seluruh dunia (especially anak2nya...n including me!;D)...Chinese New Year. Imlek. Sincia. Chinesisches Neujahr.Lunar New Year. or anything you call it.

terutama di Asia bagian Timur (where the Chinese REIGN XD), Chinese NEw Year ini dianggap salah satu hari libur terpenting dalam satu tahun. kapan jatuhny hari raya Imlek ini ga tentu,krn ditentukan oleh Chinese Calendar (kalender berdasarkan siklus bulan plus bbrp aturan lainny...cthny ada 12 shio dll), tp tepatny tiap tahun jatuh di hari pertama tanggalan Chinese Calendar - well that's why it is called chinese NEW YEAR , how smart of me.
utk tahun ini, jatuhny di tanggal 7 Februari 2008. yg gw rasain ptama kaliny di luar Indonesia, tepatny di Aachen, Germany.

anyway...chinese new year ini juga dirayain ga cuma di RRC doank, tp juga di area2 /negara laen yg dlm populasiny ada warga keturunan Cina (n by that i mean ALMOST ALL OVER THE WORLD - coz Chinese are everywhere,aren't they?:D) , including in my homecountry Indonesia - yg notabene cukup banyak warga negarany keturunan Cina. well my family is from Chinese descendant too...so i do celebrate chinese new year every year ^^

biasanya ada bbrp tradisi yg wajib (skali lagi. WAJIB!) pas Imlek ini...misalny makan2 pas malam sebelum Imlek, ngunjungin rumah kerabat yg lbh tua - misalny in my case, tiap tahun gw pasti ke rmh Ama (grandma) gw pas Imlek n rmh kerabat2 laenny yg lbh tua (meski ujung2ny gw cuma duduk2 ga jelas, makan snack+kue2 khas SIncia,basa basi dikit n nunggu sampe bonyok gw bosen ngobrol terus pulangselese ngobrol trus lanjut pergi ke rumah krabat laen lagi...), Barongsai , berdoa utk arwah leluhur , pake baju merah (jadi inget iklan 'aku pake baju merah ya....'XD) etc2 silahkan baca di Wikipedia.com ...
.
.
.
That's All?
oh n of course...NGUMPULIN ANGPAO XD one of THE MOST IMPORTANT THING in CHinese NEw Year! *ktauan maruknya XD*

Angpao. Hong Bao. Red Envelope. Tradisi tahun baru Cina yg mnrt gw seh paling layak dilestarikan (alah,maruk aj gw XD). Setiap tahun pas Chinese NEw Year, orang tua atopun kerabat yg sudah menikah (ingat!diBOLD!catat!! YANG SUDAH MENIKAH) ngasih suatu 'amplop merah' - yang tentuny berisi uang - utk anaknya, ato kerabat lain yg umurny lbh muda (dan biasany belum menikah - yihaa...klo gtu mah gw ga mao nikah d , tiap tahun dpt angpao he3...XD) Angpao ini melambangkan good luck, banyak rejeki dll...n warna merahny sih katanya utk nakut2in roh jahat n bad luck. To be short - everything good.
well...after all money will never be bad - true? YES :D

selain itu juga ada bbrp tradisi (lebih bersifat kepercayaan / Superstitious sebenernya sih...)yg kadang2 klo dipikir2 bodoh jg ya, tp tetep aj dilakuin oleh sbagian warga kturunan Cina di seluruh dunia.
Take for example my (late) grandma, yg SELALU ngelarang pembantu gw bwat sapu lantai - seberapa kotorny lantai rumah gw. soalny Ama gw masih percaya bahwa : 'nyapu lantai pas hari pertama Tahun Baru Cina bisa membuang nasib baik, untung rejeki dll utk tahun berikutny'
well...we'll have to respect our elders, shouldn't we? ^^ mkny tetep aj tradisi ini dilakuin sampe tahun lalu pas SIncia trakhir gw di Indo sblum brangkat ke Jerman.
...untung cm pas hari pertama aja, klo sampe sbulan penuh ga boleh nyapu kan uda mengerikan thu debu di rumah gw menumpuk..DX

hm...that's all for the first part - at least ttg Chinese New Year(or Sincia or Imlek or aynthung you called it with...bleh) di Indonesia, yg tiap thn slalu mnjadi kesenangan tersendiri bwat gw.
well...DI INDONESIA.
i'll tell you about sincia gw tahun ini di Aachen, Germany...in the 2nd part! ^^

No comments: